oleh

Kolaborasi Sebagai Kunci Strategi Bisnis UKM Kota Bekasi

BeritaMPI-Bekasi, 10 Maret 2021 – Pandemi COVID-19 menuntut semua orang untuk cepat tanggap dalam menyesuaikan pola hidup baru. Kegiatan sehari-hari pun mulai beralih ke online. Hal ini turut dirasakan oleh para pelaku UKM Kota Bekasi yang harus siap untuk terjun di dunia digital.
Melihat adanya tantangan tersebut, JNE Express menghadirkan gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021 – Goll…Aborasi Bisnis Online 2021.

Selaras dengan tema perayaan ulang tahun Kota Bekasi, event virtual ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi kreatif di Kota Bekasi. Amri Faizal, Kepala Cabang JNE Bekasi mengungkapkan, pandemi telah menyebabkan dunia UKM memasuki masa new wave, di mana para pelaku usaha dituntut untuk mengadopsi teknologi dalam hal pemasaran. JNE sebagai jasa ekspedisi pun terus berkomintmen untuk memberikan edukasi positif bagi para pelaku UKM agar tetap produktif di masa pandemi, serta membantu UKM untuk mengubah tantangan menjadi peluang.

“Sebagai pelaku usaha, khususnya di tengah pandemi ini, kita harus pandai melihat sekeliling. Bisnis itu tidak akan padam, melainkan di masa pandemi ini potensi bisnis yang dulu sangat berkembang, bisa saja saat ini berubah menjadi potensi bisnis pada sekotr lain,” jelas Amri dalam virtual webinar Goll…Aborasi Bisnis Online Kota Bekasi pada Rabu (10/03/2021).
Hadir sebagai pembicara dari pihak UKM, Founder ber.cer.meen Talisha Alyani menuturkan, sebagai pelaku usaha kecil menengah diperlukan tingkat kepekaan yang tinggi akan peluang yang ada disekitar kita dan harus berani mengambil peluang tersebut dengan adanya perhitungan yang tepat.

Di sisi lain, Talisha menambahkan, pentingnya kolaborasi dan pemasaran produk secara online juga sangat memengaruhi pertumbuhan bisnis kita di masa pandemi ini.
“Dalam memperkenalkan produk ber.cer.meen untuk pertama kalinya, kami memasarkan lewat Instagram dengan memanfaatkan fitur yang telah disediakan dan juga berkolaborasi dengan micro-influncer yang sangat membantu kita dalam meningkatkan awareness dan engagement,” papar Talisha.

Selaras dengan Talisha, Billy Kurniawan selaku CEO & Founder Jiwa Group mengatakan, kolaborasi dan promosi merupakan dua kunci strategi bisnis untuk mencapai sebuah kesuksesan. Penting bagi para pelaku usaha untuk mempelajari bagaimana perilaku pelanggannya guna menciptakan customer loyalty.

“Di saat kita sudah berhasil push awareness dan sudah memiliki pelanggan, dari situ kita memiliki kesempatan untuk belajar mengenai customer dan juga bisa mulai untuk berkolaborasi dengan brand lokal, tetapi jangan hanya terfokus menjalin kerja sama dengan industri yang sama dengan kita. Di sisi lain, kita juga bisa menujukkan extra care ke pelanggan. Pada dasarnya, kolaborasi paling baik dan tepat dilakukan dengan menukarkan apa yang kita punya yang bisa menjadi value bagi brand lain” tutur Billy.

Sebagai informasi, JNE Ngajak Online merupakan event tahunan dari JNE untuk membantu pelaku UKM beradaptasi dengan perubahan teknologi. Pada tahun 2021, event ini dilakukan secara online dengan tema Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 dan dilakukan di 59 kota di seluruh Indonesia. Bekasi menjadi kota kesembilan.

Setelah kota Bekasi, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di kota Silangit pada 15 Maret 2021. Gelaran webinar ini diadakan tepat di hari ulang tahun Kota Bekasi ke-24. Setelah kota Bekasi, gelaran roadshow ini akan kembali digelar di kota Silangit pada 15 Maret 2021. JNE Ngajak Online 2021 dimulai pada 26 Januari 2021 di Samarinda dan akan berakhir pada 29 Desember 2021 di Ternate.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed